Tinjauan Sejarah: Raja Namrud, Raja Firaun dan Raja Saba – Siapa, Kapan, mengapa dan Dimana?

Saya agak tergelitik membaca postingan teman se SMP tentang Raja Firaun yang di anggap di laknat sama Tuhan, tidak jelas dia merujuk pada Raja Firaun yang mana. Firaun itu adalah gelar Raja-Raja Mesir, dari yang baik sampai yang kejam. Dari yang menghormati Tuhan Israel, Tuhanya Yusuf anak Yakub (Israel) yang juga di kenal semua Agama Samawi, sampai Firaun yang memperbudak bangsa Israel, yang kembali menampilkan Nabi Agama Samawi sebagai Utusan Tuhan Bernama Musa.

Ternyata baru kemain saya paham akan lagi dibahasnya Firaun, Namrud dan Saba.

Sebut Ahok Sebagai Cerminan Cerita Namrud Firaun dan Negeri SabaSebut Ahok Sebagai Cerminan Cerita Namrud Firaun dan Negeri Saba (sumber : http://cekdot.com/2016/12/05/aa-gym-sebut-ahok-sebagai-cerminan-cerita-namrud-firaun-dan-negeri-saba)

Sumber-sumber Kristen dan Yahudi mencatat, setelah masa Yusu berakhir Raja Firaun yang tidak mengenal Yusuf sebagai penyelamat Mesir dari kelaparan dan sebagai orang kedua jpaling terhormat di Tanah Mesir, telah melihat Bangsa Israel sebagai ancaman nyata, dan memperbudak mereka dengan luar biasa, sehingga Tuhan Bangsa Israel turun tangan memporak-porandakan Mesir.

Ya Firaun benar-benar bengis terhadap bangsa pendatang yang leluhurnya sudah berjasa sangat besar membuat mesir menjadi Negara makmur ditengah kelaparan dunia saat itu, Alkitab tidak mencatat bahwa ada keharusan Mesir menyembah Tuhan Isrel sebagai syarat untuk menghalau kehancuran.

Tidak nadir paling parah adalah Firaun melarang bangsa Israel beribadah.

Jadi tidak semua Firaun yang melakukan itu karena Firaun adalah gelar Raja-Raja Mesir.

Kemudian Kitab-Kitab Agama Samawi, Yunani juga mencatat Raja Namrud (Raja Nimrod) dengan berbagai versi, yang intinya dia adalah Raja yang sangat berkuasa dan seorang penyembah berhala atau sejenisnya yang benar-benar menentang dan menantang Nabi Ibrahim (Abraham) dan Tuhannya. Dan menuhankan dirinya (menurut sumber Islam).

Kemudian ada Bangsa Saba, Bangsa yang tidak mengenal Tuhan Israel sebelum Nabi Sulaiman (Raja Salomo) memimpin Israel, seroang Ratu menemuinya (yang menurut sumber Islam adalah Ratu Saba/Ratu Syeba/Ratu Bilqis) takjub akan hikmat dan kekayaan dari Raja Salomo (Nabi Sulaiman).

Menarik Ratu Syeba menurut Alkitab membawa persembahan Emas dari Negeri Opir yakni suatu negeri yang diberkati Tuhan dengan kekayaan emas dan kesuburan tanahnya.

Tidak ada kesepakan dimana letak Negeri Opir ini meskipun ada cerita rakyat yang dicatat Fernand Mendez Pinto tahun 1539 bahwa adalah Lampung adalah tempat yang di lalui oleh Emas dari Minangkabau, ke kerajaan Kampar untuk di bawa ke Ratu Saba/Syeba/Bilqis sebagai persembahan pada Salomo/Nabi Sulaiman di Jerusalem. Pinto mencatat cerita penduduk lokal bahwa leluhur mereka punya pabrik kerajinan milik Ratu Syeba/Saba/Bilqis yang dikatakan kembali bersama Putranya yang merupakan Anah Raja Salomo sesuai juga dengan kisah-kisah di Ethiopia. Selanjutnya menurut Pinto mereka Ratu dan anaknya berhasil kembali ke Ethiopia.

Apakah ini dongeng? tentunya perlu dicatat Sumatara dikenal sebagai Gold of Isle (Pulau Emas) atau Swarnadwipa, dimana Pinto mengaku dia sengaja di utus Raja Spanyol untuk menemukan Pulau Emas ini.

Kehancuran dari Saba di catat sumber Islam karena mereka kembali meninggalkan Tuhan yang diikuti Ratu Saba/Syeba/Bilqis dan kembali pada Tuhan mereka sebelum Ratunya bertemu Salomo(Nabi Sulaiman).

Kemurtatan diatas jikalu menurut waktu dan saat kejadiannya sepertinya terus merujuk kepada Tuhan Ibrahim/Abraham (Raja Namrud atau Nimrod) dan Tuhan Bangsa Israel (Merujuk kasus Bangsa Mesir dan Saba).

Kisah ini saling terkait jika memang Tuhan Agama Samawi itu satu sehinga selayaknya semua harusnya merasa ternista untuk jika dianggap menista.

Salam Pewaris Nusantara.

Swarnadwipa, swarna dwipa resort, swarnadwipa sumbar, swarnadwipa padang, ratu syeba, ratu syeba dan salomo, ratu syeba istri salomo, firaun dan nabi musa, Firaun ramses, firaun dan nabi musa, firaun dan nabi yusuf, firaun adalah, raja namrud, raja namrud dan nyamuk,  raja namrud babilonia, negeri ophir, negeri opir, raja nimrod, raja nimrod dalam alkitab

Karles H. Sinaga

Karles H. Sinaga

Pewaris Nusantara - Founder: Batak.web.id - Akun Facebook