Kebakaran di Israel: Terpikirkah Akibatnya Bagi Palestina

sudah di terbitkan di Seword.com.

Isu Israel termasuk Isu yang paling sensitif di Negeri ini. Baru baru ini Pemerintah Israel melarang Mesjid-mesjid membaca Azan lewat pengeras suara, yang di protes oleh Gereja-gereja Israel dengan mengumandangkan Azan di Gereja.

Lalu terjadi kebakaran hebat di hutan beberapa hari lalu dan merembet ke pemukiman penduduk terutama kota terbesar ketiga Israel Haifa mengalami dampak terburuk, sehingga muncul Statement Walikota Haifa Yona Yahav yang seperti frustasi dengan pertanyaannya: “…. hanya Tuhan yang bisa menolong”.

Bencana buruk ini membuat puluhan ribu (ada yang menyebut ratusan ribu) penduduk harus di evakuasi.

Perayaan atas kebakaran di Israel di Media sosial Arab
Perayaan atas kebakaran di Israel di Media sosial Arab (photo: jpost.com/)

Dalam hal ini saya tidak akan membahas siapa pelakunya, adakah ini kesengajaan atau hukuman balasan (yang jadi fenomenal di Arab dan Negeri ini di sebut Azab).

Saya hanya tertegun membaca sebagian facebooker tanah air, yang terlalu vulgar mensyukuri musibah ini, sebagai Azab atas tindakan Israel melarang suara Azan lewat pengeras suara, dan menyambung dengan riang gembira.

Syukurlah api sudah mulai bisa di kendalikan sehingga azab ini tidak sampai menyusahkan warga Palestina, setidaknya untuk 3 hal vital berikut.

  1. Listrik: Catatan yang ada di wikipedia.org mengatakan dari kebutuhan listrik Palestina, Negara Palestina hanya mampu memenuhi kebutuhan Listrik 10% (~445 Giga watt-hours) dan selebihnya 90% dipasok dari Israel.
  2. Air Bersih – Seluruh pasokan air bersih dan sanitasi di kontrol oleh Israel menurut catatan yang ada pada wikipedia.org
  3. 3. Angkatan Kerja: Masih menurut data wikipedia.org pada 1 Jan 2015 ada 55250 angkatan Kerja Palestina bekerja dengan legal di Israel.

Api tidak akan mengenal suku Bangsa, Agama, Golongan dan lain-lain, tidak terbayangkan jika sampai Israel dalam kondisi darurat atau tidak memutuskan pasokan listrik, air bersih and puluhan ribu pekerja itu apalagi ada tuduhan bahwa warga Palestina yang melakukan pembakaran dengan sengaja.

Meski kita tidak suka akan Israel sudah sepatuhnya kita berdoa agar Palestine dijauhi dari efek bencana itu atau berdoa agar hanya Israel yang susah tidak merembet ke Bangsa Palestine, bukan berdoa biar bencana itu tidak segera berakhir semata dan merayakannya tanpa memikirkan imbasnya bagi Palestina.

Mari buka mata dan merenung, masalah tidak sesederhana yang kita bayangkan dan bencana tidak mengenal SARA.

Salam Pewaris Nusantara.

 

X kebakaran di israelX kebakaran di israel terkiniX kebakaran israel terkini

Karles H. Sinaga

Karles H. Sinaga

Pewaris Nusantara - Founder: Batak.web.id - Akun Facebook